Selasa, 29 Januari 2013

MAKALAHKU : CARA MUDAH MEMBUAT KALENDER MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE PUBLISHER 2007

MAKALAH
CARA MUDAH MEMBUAT KALENDER MENGGUNAKAN
MICROSOFT OFFICE PUBLISHER 2007



oleh :
MUHAMMAD DHALDIRI ZAIN
KELAS XII MM II




I. PENDAHULUAN
Waktu adalah uang. setidaknya bagi mereka yang bersungguh-sungguh dan bekerja keras meraih sukses. disadari atau tidak, waktu sangatlah berharga. semakin banyak waktu yang disia-siakan semakin jauh pula dari harapan yang diinginkan. sedemikian berharganya waktu membuat setiap orang pasti memiliki media sebagai pangingat/pedoman dalam kehidupan sehari-hari. mulai dari jam weker, arloji, jam dinding dan kalender. kalender sebagai media umum pedoman waktu untuk hari, bulan dan tahun. seiring perkembangan zaman, kalender tidak hanya dibuat dalam bentuk kertas. kini sudah merambah ke bentuk digital, hampir di setiap gadget selalu terdapat kalender dengan berbagai macam tampilan yang mengesankan. ya, itulah efek perkembangan zaman yang semakin canggih dan serba digital. namun bukan berarti kalender dalam bentuk cetakan kertas kehilangan "pamor"nya. dalam dimensi yang lain, kalender tipe ini masih sangat banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. hampir pasti di setiap sudut rumah terdapat kalender, di tempat kerja bahkan di warung makan pinggir jalan pun tak jarang yang memasang kalender. sekali lagi waktu sangat berharga, dan butuh pengingat/pedoman untuk menggunakannya.
memenuhi tugas dari sekolah saya, yang kebetulan jurusan multimedia, saya sengaja menggunakan judul Cara Mudah Membuat Kalender Menggunakan Microsoft Office Publisher 2007. mungkin sudah banyak yang tahu bahwa membuat desain kalender bisa dilakukan sendiri dengan berbagai aplikasi/software, salah satunya Micfosot Office Publisher 2007. namun, bagi sebagian yang lain yang belum tahu, hal ini bisa dilakukan dengan mudah dan mengasyikkan. bahkan jika dilakukan dengan serius, bisa menghasilkan uang lho :). yup, hanya butuh sedikit usaha, karena dasarnya cukup mudah, mungkin teknis desainnya yang rumit, karena untuk hasil yang "wah" butuh ketelitian yang tinggi.

II. PERSIAPAN
Sebelum pengerjaan, mungkin Anda perlu tahu 5 langkah mudah untuk melakukan pencetakan kalender. Untuk referensi, saya telah mencetak tujuh langkah mudah di bawah ini:

1. Memutuskan apa Jenis kalender yang ingin Anda gunakan.
Keputusan pertama yang Anda perlu membuat adalah jenis kalender untuk kalender warna Anda. Apakah Anda ingin kalender gambar tradisional yang menggantung di dinding? Apakah Anda ingin atas kalender meja tipe kecil? Apakah Anda ingin membuat tata letak kustom kalender? Hal ini akan menentukan kalender seluruh proses pencetakan. Jadi cobalah untuk mencari berbagai jenis kalender dan melihat apa yang ingin Anda gunakan.

2. Kumpulkan semua elemen desain kalender.
Berikutnya, sekarang saatnya untuk menaruh semua hal yang Anda butuhkan bersama-sama. Jika Anda menggunakan jenis kalender standar, Anda tentu saja akan membutuhkan 12 gambar yang indah untuk setiap bulan dalam setahun. Anda juga akan memerlukan daftar hari libur yang Anda ingin memposting, dan template kalender umum membangun tata letak kepada Anda. Konten tambahan juga mungkin diperlukan jika Anda ingin deskripsi untuk foto-foto setiap bulan serta hal-hal tambahan seperti logo perusahaan, foto-foto para eksekutif perusahaan dll Umumnya, hanya tumpukan dalam segala hal yang Anda mungkin berpikir Anda butuhkan dalam satu lokasi dan jika mungkin mengkodekan mereka atau memindai mereka untuk tata letak digital mudah dan pengolahan.

3. Membuat tata letak rancangan desain Anda.
Ketika semua elemen desain kalender dikumpulkan, harus relatif mudah untuk membuat tata letak rancangan desain yang Anda inginkan. Tata letak kalender bulan dan minggu, kemudian tambahkan keterangan hari libur yang ada. ditambah dengan pernak-pernik gambar lain juga bisa, sesuai karakter dan keinginan Anda.

4. Anda memiliki draft peer review.
Seperti fungsi print preview  pada Microsoft Office Word, sebelum proses cetak, ada baiknya menanyakan pada teman kerja sebelah Anda tentang desain yang Anda ciptakan. hasil dari pengamatan rekan Anda bisa dijadikan masukan karena sifatnya obyektif. lebih menanyakan ke lebih dari satu orang karena semakin banyak variasi tanggapan tentu semakin baik masukan buat Anda, sehingga bisa diambil kesimpulan dari layak tidaknya hasil desain kalender Anda.
5. Menentukan printer kalender.
terakhir, saatnya memilih printer kalender. Banyak tempat menawarkan layanan cetak kalender. Anda bisa menggunakan jasa cetak dimanapun sesuai pilihan Anda, pastikan hasilnya bagus. Namun jika digunakan untuk Pribadi, tidak perlu printer yang terlampau mahal. jika untuk dijual, pastikan menggunakan printer kualitas terbaik, karena semakin baik hasil cetakan tentu harga jual juga semakin mahal.


III. PENGERJAAN
Dengan MICROSFT OFFICE PUBLISHER 2007 manfaatkan tumpukan photo atau gambar-gambar indah dari  handphone atau media lainnya  untuk mendesign dan mencetak sendiri kalendermu. Berikut ini adalah tips membuat kalender dengan Microsoft Office publisher 2007.
Aktifkan Microsoft Office Publisher. Start–> Programs–> Microsoft Office–> Microsoft Office Publisher2007.

1.Pilih Blank page sizes untuk menentukan Jenis dan ukuran kertas.



 2.Pilih Jenis dan ukuran kertas yang sesuai dengan keinginan kemudian pilih Create



3. Akan terbuka halaman publikasi dengan nama Publication1. Pada menu Insert pilih sub menu Design Gallery Object untuk membuka page Design gallery

4. Pilih Calendars untuk membuka  design kalender yang tersedia. Pilih salah satu design yang sesuai dengan keinginan kemudian pilih bulan lalu klick Insert Object.




5. Pada halaman ini anda dapat melakukan  pengaturan terhadap tampilan kalender agar sesuai dengan yang diinginkan. Dengan Text box anda dapat membuat text atau keterangan lain terhadap kalender, dengan Picture frame anda dapat menyisipkan gambar serta mengatur letak gambar tersebut sesuai dengan keinginan. Agar pengaturan lebih mudah anda dapat menarik garis bantu dengan cara klik tahan mouse dari rules (berbentuk penggaris) ke area pengeditan. Anda juga dapat mengganti  nama bulan, hari dan memberi warna yang sesuai.


6. Tampilan Kalender setelah dilakukan pengaturan,  penggantian nama bulan dan hari serta penyisipan gambar dan siap untuk diprint. Untuk melihat dalam bentuk hasil cetak  silahkan  pilih menu File dan sub menu Print Preview. Sebelum diprint ada baiknya anda memastikan pengaturan pencetakan dengan memilih menu File sub menu Print Setup.


Tampilan Kalender dalam Print Preview.
Selamat Mencoba  semoga bermanfaat.









6 komentar: